">
Lazada Indonesia

Umbul Sidomukti, Berenang di Awang-Awang

KESEGARAN AIR YANG SELALU BERGANTI
Jika anda sudah bosan dengan kolam renang yang berkaporit, aka tempat inilah yang mungkin menjadi oase bagi anda yang suka berenang dan bermain di kesegaran air. Kolam renang alam ini dinamai Umbul Sidomukti. Umbul adalah mata air yang memancar dari dalam tanah. Sidomukti adalah nama dusun tempat umbul ini berada. Umbul Sidomukti terletak di lereng Gunung Ungaran sisi Tenggara, tepatnya di koordinat -7.194803, 110.373991. Umbul ini bermata air juga didalam kolaman ini, bernama Tuk Ngetihan. Air Tuk Ngetihan ini mengalir sepanjang tahun dan menjadi sumber utama untuk Taman Renang Umbul Sidomukti ini. Pasokan air yang terus menerus ini menjadikan kesegaran yang berganti terus dengan air yang selalu baru. Air Tuk ini melimpah pada kolaman kecil untuk anak-anak dibawahnya, yang kemudian juga dialirkan melalui selokan-selokan untuk pengairan persawahan dan kebun yang ada di bawahnya. Kesegaran dan kejernihan air dari Tuk Ngetihan ini dipercaya dapat membuat awet muda bagi yang mandi atau membersihkan diri dengannya.


HOW TO GET THERE
Untuk mencapai lokasi ini dapat ditempuh dari arah semarang dan jogja. Dari arah semarang, belok kanan setelah SPBU Lemahabang, ambil arah ke Bandungan. Ikuti jalur tersebut sekitat 5,4 km, kemudian belok kanan (kearah atas). menyusuri jalan pedusunan harus berhati-hati dan memperhitukan kendaraan dari arah berlawanan karena jalur jalan yang sempit.
Jika anda dari arah Yogyakarta, maka di pasar Ambarawa, ambil jalur kekiri, menuju Bandungan. Sampai pasar bandungan, putar arah kekanan, untuk mengambil jalur arah semarang. Jalan sekitar 4,2 km, setelah melewati pemancingan Kendali Sodo, ambil jalur kekiri naik. jalur ini sama dengan yang dari arah Semarang tadi. Jangan lupa kalau melalui Bandungan, bawa oleh-oleh yang terkenal dari Bandungan.... Kelengkeng Bandungan (tapi hanya kalau musim lho... )

KEELOKAN PANORAMA
Lokasi pembangunan Kolam yang mengelilingi umbul ini berada di lereng gunung. Kecuraman tebing yang berada di tepi jurang dan lembah ini membuat seolah Umbul Sidomukti berada diujung langit.
Jika kita berenang di kolaman, tidak ada pemandangan lain diarah tenggara, selain pemandangan langit beserta mega-meganya. Saat berdiri, duduk atau bersandar dipinggir kolam, maka keelokan persawahan yang berundak, hutan pinus, air terjun dan sungai kecilnya yang jernih merupakan pemandangan yang ada didepan mata. Nun jauh disana terlihat kota Ungaran kecil mempesona diantara beberapa bukit. Beberapa puncak Gunung, seperti Bukit Kembar Cimanggal, Gunung Ungaran, Gunung Merbabu, juga melengkapi keindahan alam ini. Siapkan minuman hangat karena ketika anda keluar dari kesegaran kolam, dingin segarnya hawa pegunungan akan segera menyergap tubuh kita.

KONSEP DAN DESAIN
Kolam di Sidomukti memang dibangun dengan gaya tradisional. Kolaman dibangun dengan tatanan batuan andesit nan minimalis. Tatanan taman dan bangunan menyesuaikan kontur tanah yang berundak berada di lereng Gunung. Tempat-tempat duduk berundak menjadi panggung terbuka yang membuat pandangan bebas terbuka dari halangan kearah kota Ungaran yang berada di tenggaranya.

MAU APA, KAMI ADA

Fasilitas lain yang berada di Umbul Sidomukti adalah fasilitas olahraga rekreasi petualangan dan tantangan semacam Flying Fox, Marine Bridge dan macam-macam permainan ala outbound. Wisata agro dan Learning Centre juga dibangun untuk melengkapi sarana bagi para wisatawan. Bagi penyuka otomotif, disini tersedia pula ATV untuk disewakan.

HMMM... MAU MENGINAP? AYO...
Penginapan juga sudah tersedia. Paket honeymoon dengan menyewa pondok-pondok  villa yang langsung mendapatkan pemandangan perkebunan dan kabut di ketinggian juga sudah bisa digunakan. Suasa tenang, hening jauh dari keramaian, gemerlap lampu kota semarang yang indah memiliki sensasi tersendiri dari Pondok Wisata Umbul Sidomukti ini.
Ada pilihan standard room, Family room dan Deluxe room yang semuanya siap untuk menyambut sunrise disela-sela kabut dan puncak-puncak bukit. Hamparan lembah dan persawahan dapat dinikmati dari balik jendela kamar di pondok wisata Umbul sidomukti.
Bangunan dengan konsep modern minimalis, sangat nyaman dan alami.Untuk meeeting pun juga sudah ada sarana yang dapat menampung sampai ratusan orang.

PERUT PUN PERLU WISATA
Untuk urusan kuliner, disini pun juga ada pondok lesehan dengan berbagai menu masakan dari sayuran, ikan dan daging. Kesegaran alam, dan kehangatan kuliner, menjadikan kombinasi yang pas untuk mengembalikan kesegaran jiwa dan raga.

Mari kita berkunjung ke Umbul Sidomukti, jika belum berubah, anda dapat menghubungi pengelola melalui:
Kawasan Wisata Umbul Sidomukti
Desa Sidomukti Kec. Bandungan Kab Semarang
Jawa Tengah- Indonesia
phone (+62)2470128686, +6282892031261, +6282892031262
atau websitenya di http://www.umbulsidomukti.com/






Previous
Next Post »

2 comments

Click here for comments
11 Maret 2015 pukul 10.37 ×

Kereeeennnn ^_^
Kapan kesana lagi ??

Reply
avatar
ristsaint
admin
12 Maret 2015 pukul 07.47 ×

kalau ada yang mengajak, atau ada yang minta antar dan pas hari libur, ayoooo... :D

Reply
avatar
Lazada Indonesia
show_ads.js">